Sunday, February 7, 2016

3 Ciri Developer Apartemen Terpercaya

Developer merupakan seorang pengembang property yang biasa merencanakan untuk melakukan pengembangan sebuah pembangunan kompleks baik perumahan, perkantoran, maupun hunian apartemen. Namun, perlu Anda ketahui bahwa nilai investasi apartemen kini memegan nilai paling tinggi di bandingkan jenis property lainnya. Terlebih investor saat ini sangat tertarik untuk merambah dunia properti berupa jual beli dan penyewaan apartemen. Untuk melakukan bisnisnya ini investor membutuhkan developer professional dan berpengalaman dalam pembangunan dan pemasaran apartemen tersebut. Developer akan membantu investor menjalankan bisnisnya dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Sebagai seorang investor, Anda harus berhati-hati dalam memilih developer properti untuk menjalankan proyek pembangunan apartemen. Bila salah orang, kemungkinan terburuk adalah uang Anda dibawa kabur dan proyek akan terhenti. Untuk memilih developer terpercaya, berikut adalah 3 ciri yang dapat Anda perhatikan.

Kredibilitas Developer
Developer biasanya memiliki sebuah tim untuk mengelola pemesanan apartemen. Hal ini diperlukan sebagai upaya untuk memperlancar jual beli apartemen dan pengembangan property tersebut. Developer akan mengurusi dan berhubungan langsung dengan Anda untuk mendiskusikan pembangunan apartemen. Developer juga memegang peran penting terutama pada hal hukum jual beli property, seperti perjanjian pengikat jual beli dan akta jual beli.

Dengan hal ini, kredibilitas developer sangat dibutuhkan. Kredibilitas akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan pembangunan apartemen Anda, terlebih bila mengikuti regulasi kredit property lama. Kemampuan untuk bernegosiasi dengan pihak Bank sangat dibutuhkan demi kelancaran pembangunan apartemen. Disinilah peran developer yang memiliki kredibilitas tinggi akan sangat berguna.

Bila Anda masih kurang yakin, ada baiknya memilih developer yang menjalin kerjasama dengan bank tertentu. Bank ini biasanya memiliki kredibilitas baik serta telah lolos evaluasi dan penilaian dari pikah Bank.

Legalitas Developer

Legalitas juga sangat penting dimiliki developer. Legalitas akan menjamin keamanan Anda dalam upaya kepemilikan apartemen yang sesuai dengan prosedur. Bersikap kritis perlu Anda lakukan untuk mendapatkan informasi secara lengkap, seperti menanyakan surat-surat hingga nomor induk tanahnya. Terlebih bila dokumen tersebut sedang berada di bank guna proses pembangunan, segera cek kebenarannya. Pelajari pula pasal-pasal yang dapat melindungi Anda dari proses pembangunan seperti pasal 1320 KUH Perdata dan KEPMENPERA no 11 tahun 1994.

Komitmen Developer

Terakhir, komitmen dari pihak pengembang perlu Anda prioritaskan dalam memilih developer. Utamakan developer dengan janji yang rasional dan tidak muluk-muluk. Pegang juga janji yang dibuat oleh pihak developer. Banyak diantara developer akan memberikan janji berupa pembangunan berbagai macam fasilitas penunjang seperti tempat olahraga, club house, pusat perbelanjaan, dan fasilitas rekreasi. Tagih bila developer tidak menepati janjinya, karena hal itu sudah menjadi hak Anda selaku investor atau pembeli.

Apartemen Yogyakarta