Saturday, February 20, 2016

Karya Maestro Patung Indonesia di Apartemen Uttara


Edhi Sunarso
Nama Edhi Sunarso mungkin tidak banyak dikenal orang di Indonesia, tetapi pria kelahiran Salatiga 2 Juli 1932 ini merupakan salah satu maestro patung Indonesia. Beberapa karya monumental beliau adalah Patung Pembebasan Irian Barat, Patung Dirgantara Pancoran, dan Patung Selamat Datang di Jakarta.

Selain tiga patung ikonik kota Jakarta tersebut, beberapa ikon kota di Indonesia juga lahir dari tangan dingin beliau, seperti Monumen Tugu Muda Semarang, Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman di Cilangkap dan Bogor, Monumen Ahmad Yani Bandung dan Monumen Gatot Subroto di Surakarta.

Tidak hanya berkarya dalam bentuk patung saja, Edhi Sunarso juga membuat diorama sejarah di berbagai museum nasional, antara lain di museum Lubang buaya, Monumen Jogja Kembali, Museum Tugu Pahlaman, Benteng Vredeburg, Satria Mandala dan masih banyak lagi.

Pria yang menghembuskan nafas terakhirnya di RS JIH Yogyakarta hari Selasa 5 Januari 2016 ini pada awalnya bukanlah seorang seniman, melainkan pejuang kemerdekaan yang ikut melawan penjajahan Belanda, beliau belajar seni memahat justru pada saat menjadi tawanan KNIL di Bandung pada tahun 1946-1949.

Untuk menghormati jasa Edhi Sunarso yang telah memberikan sumbangsih kepada negeri ini, PT Bukit Alam Permata mengabadikan perjalanan sejarah beliau dalam ruang lobi utama apartemen mewah yang berlokasi di Karangwuni, Sleman, Yogyakarta. Apartemen Uttara berdiri tepat di bekas kediaman mendiang Edhi Sunarso ini memiliki bangunan pencakar langit dengan 15 lantai.
Ruang lobi apartemen Uttara ini nantinya akan diisi dengan berbagai replika karya sang maestro, serta perjalanan beliau dalam menciptakan karya-karya monumental terkait sejarah kemerdekaan Indonesia. Selain itu, ruang yang berfungsi sebagai galeri apartemen tersebut juga akan diisi dengan berbagai karya seniman Yogyakarta lainnya.

Apartemen Uttara merupakan apartemen yang memadukan konsep art dengan modern finest living, dengan menggandeng DP Architects Singapura yang mengarsiteki banyak bangunan spektakuler di seluruh dunia, seperti Dubai Mall di Dubai, Ciputra World Surabaya, Marine Center dan Resort World Sentosa Singapura.