Tuesday, December 20, 2016

Jenis Rayap dan Langkah Membasminya Secara Permanen

Rayap merupakan serangga yang sangat merugikan manusia karena merusak barang-barang yang terbuat dari kayu. Hewan kecil yang biasa disebut white ant oleh orang barat. Makanannya adalah kayu yang sudah lapuk, namun juga bisa menyerang kayu yang masih bagus. Apabila memakan dan menyerang perabotan serta bangunan rumah tentu sangat membahayakan karena berkaitan dengan ketahanan rumah atau berbagai jenis properti lainnya.

Rayap adalah jenis hewan yang susah dideteksi. Karena tidak mudah mengetahuinya, sampai-sampai furniture di dalam rumah sudah lapuk dimakan rayap. Meskipun penghuni waspada terhadap keberadaan mereka, namun nyatanya tidak bisa diprediksi kapan munculnya. Sehingga terkadang penghuni rumah kecolongan saat rayap sudah memakan habis perabotan rumah.

Jika ingin membasmi serangga ini dengan cepat solusinya adalah memanggil spesialis rayap yang ahli dalam bidangnya. Membasmi rayap bukanlah hal yang mudah. Karena itu lebih baik dilakukan oleh ahlinya. Hal itu berlaku di Amerika, disana orang-orang tidak ingin kesusahan dalam membasmi rayap. Sayangnya di Indonesia masih jarang pembasmi rayap yang handal. Kebanyakan orang Indonesia membunuh rayap dengan caranya sendiri atau dengan cara alami, namun berbeda dengan yang dilakukan oleh pemilik gedung apartemen di Yogyakarta, pengembang apartemen Uttara The Icon.

Sebenarnya untuk menyingkirkan hewan kecil ini cara yang mudah adalah mengetahui jenis-jenisnya tersebut terlebih dahulu. Ada banyak berbagai jenis rayap yang menghuni rumah. Beberapa singgah di dalam properti ada pula yang hidup di tembok. Selain itu, mereka juga bertebaran di pohon-pohon. Rayap yang tinggal di properti rumah kemungkinan adalah jenis rayap kayu kering atau drywood dan rayap subterranean. Kedua rayap tersebut adalah jenis yang berbeda dengan masalah yang beda pula.

Keragaman jenis rayap memang cukup tinggi. Berdasarkan jenis-jenisnya, ada sekitar 2000 spesies atau sekitar 120 spesies merupakan hama. Di Indonesia sendiri 179 jenis rayap telah dikenali dari sekitar 200 spesies yang ada. Diantaranya yaitu empat jenis rayap kayu kering, 166 jenis kayu basah, serta 9 jenis rayap tanah atau subternnean. Lalu ada 20% diketahui memiliki peran sebagai hama perusak tanaman. Berikut adalah jenis-jenisnya:

Rayap Tanah
Rayap jenis ini akan bersarang di dalam tanah dengan jumlah koloni yang terus berkembang pesat. Melalui tanah pula, rayap akan dengan mudah masuk ke dalam tanah. Rayap ini membuat jalan ke permukaan tanah dan membuat hancur bangunan yang berdiri di atasnya. Rayap ini tidak menyerang kayu kering sehingga tidak dapat dideteksi dalam waktu yang cukup lama sejak menyerang bangunan. Satu-satunya cara supaya terhindar dari serangan rayap adalah menghancurkan koloni dari sarang mereka dengan zat kimia atau bahan alami.

Rayap Pohon
Rayap pohon sama sekali tidak menyentuh tanah. Mereka hanya menyerang pohon yang masih hidup seperti pohon jati. Jenis rayap yang biasa menyerang pohon jati adalah neotermes tectonae.

Rayap Kayu Lembab
Rayap jenis ini biasanya memakan kayu yang sudah membusuk, seperti kayu dari pohon yang sudah jatuh. Jenis rayap ini yang memiliki ancaman paling serius. Hewan jenis ini juga sering dijumpai di berbagai daerah. Mereka juga bersarang di tanah yang rendah kelembaban.

Rayap Kayu Kering atau Drywood
Sesuai namanya, jenis rayap ini hanya menghancurkan kayu kering saja. Mereka tidak bisa menghancurkan tanah dan sama sekali tidak berhubungan dengan tanah. Rayap kayu kering bisa dijumpai daerah yang lembab di pesisir pantai. Di sepanjang pantai banyak rumah yang sudah lapuk oleh rayap yang satu ini.

http://www.apartemenuttara.net/