Saturday, February 20, 2016

Karya Maestro Patung Indonesia di Apartemen Uttara


Edhi Sunarso
Nama Edhi Sunarso mungkin tidak banyak dikenal orang di Indonesia, tetapi pria kelahiran Salatiga 2 Juli 1932 ini merupakan salah satu maestro patung Indonesia. Beberapa karya monumental beliau adalah Patung Pembebasan Irian Barat, Patung Dirgantara Pancoran, dan Patung Selamat Datang di Jakarta.

Selain tiga patung ikonik kota Jakarta tersebut, beberapa ikon kota di Indonesia juga lahir dari tangan dingin beliau, seperti Monumen Tugu Muda Semarang, Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman di Cilangkap dan Bogor, Monumen Ahmad Yani Bandung dan Monumen Gatot Subroto di Surakarta.

Tidak hanya berkarya dalam bentuk patung saja, Edhi Sunarso juga membuat diorama sejarah di berbagai museum nasional, antara lain di museum Lubang buaya, Monumen Jogja Kembali, Museum Tugu Pahlaman, Benteng Vredeburg, Satria Mandala dan masih banyak lagi.

Friday, February 19, 2016

Bondan Winarno Hadir di Festive Walk Karawang

Bondan Winarno Hadiri Grand Opening Eat & Eat Food Market lain di Festive Walk Karawang


Outlet Eat & Eat Food Market patut bangga. Karena acara Grand Opening Eat & Eat Food Market di Festive Walk, Galuh Mas, Karawang dihadiri tokoh kuliner kaliber nasinal. Adalah Bondan Winarno yang berkesempatan mencicipi cita rasa makanan sajian istimewa tersebut. Yang tidak kalah istimewa  outlet Eat & Eat Food Market menempati lokasi strategis, sebuah mall yang dibangun PT Galuh Citarum, perusahaan properti milik pengusaha Amin Supriyadi.

Outlet Eat & Eat Food Market saat ini menjadi pilihan baru bagi Karawang. Selain sebagai tempat makan, outlet Eat & Eat Food Market juga menjadi lokasi gathering ataupun meeting. Keunggulan outlet Eat & Eat Food Market adalah suguhan suasana petualangan agar konsumen dapat mecoba berbagai jenis  makanan dengan berbagai cita rasa, terutama jenis kuliner tradisional negeri sendiri dan ASEAN yang legendaris.

Selain dihadiri tokoh kuliner kelas wahid, Kamis (28/1/2016) siang, Grand Opening Eat & Eat Food Market dihadiri kepala daerah setempat dr. Cellica Nurrachadiana dan hadirin lainnya.

Beragam sajian makanan dan kuliner nusantara maupun internasional dapat ditemukan di outlet Eat & Eat Festive Walk.  Sajian kuliner khas nusantara di antaranya jajanan kaki lima, seperti cake, ronde, es potong Singapore, empek sampai makanan berat. Sajian makanan cita  rasa internasional, di antaranya Soto Sandang, Young Tau Fu, Chicken Rice, Soto Tangkai dan ratusan jenis makanan  favorit lain.

Menempati area yang luas, Eat & Eat Festive Walk tidak hanya menyediakan berragam jenis makanan. Outlet Eat & Eat Festive Walk juga bisa menjadi tempat berkumpul bersama keluarga, rekan kerja bahkan untuk ajang reuni bersama temen-teman. Tidak tanggung-tanggung. Outlet  Eat & Eat Festive Walk memiliki luas 1.737 m persegi dan mampu memuat 468 tempat duduk.

Popularitas Eat & Eat tidak diragukan lagi. Sebelum dibuka di Mall Festive Walk Karawang, Eat & Eat sudah hadir di tempat lain sejak delapan tahun lalu. Eat & Eat pertama dibuka pada 15 September 2008 di sebuah mall Jakarta Utara. Namun seiring dengan meningkatnya minat dan selera masyarakat, Eat & Eat membuka beberapa outlet lagi. Khusus di kawasan Jabodetabek, Eat & Eat telah membuka 9 outlet. Eat & Eat juga sudah dikenal oleh penikmat kuliner di luar Jabodetabek, di antaranya di Surabaya 1 outlet, 2 outlet di Bali, dan 1 outlet di Medan.

Tidak seperti outlet kuliner lainnya yang dirancang dengan ornamen dan konsep yang seragam, Eat & Eat mengusung penampilan yang unik dan berbeda-beda antara satu outlet dengan outlet lainnya. Karena itu, tidak mengherankan kita menemukan 13 outlet dengan disain dan ornament yang berbeda, seperti nuansa oriental dengan ornamen kayu China pada masa lampau, industrial pabrik yang dihiasi besi-besi khas negara barat dan nuansa timur yang kental dengan hiasan dekorasi Maroko, juga nuansa-nuansa unik food market lainnya yang hanya bisa didapatkan jika berpetualang di Eat & Eat Food Market.

Eat & Eat Food Market di Festive Walk Karawang adalah outlet yang ke 14 di Indonesia yang tentu tampil dengan kekhasannya. Di Karawang, penikmat Eat & Eat Food Market akan mengalami suasana gudang hasil pertanian atau penggilingan padi dengan style material besi, plat galvalum, kayu-kayu pinus dan pemakaian furniture bergaya country.  (Dikutip dari karawangnews.com)

Bondan Winarno

Sunday, February 14, 2016

Amin Supriyadi Berbagi Tips Beli Properti

“Rumah ku Istana ku”.  Ungkapan tersebut nampaknya memang sangat pas untuk menggambarkan tempat tinggal yang kita huni. Sebab, sejauh apapun Anda pergi akan tetap merindukan untuk pulang ke rumah, semewah apapun tempat yang Anda datangi, tetap rumah adalah tempat ternyaman.

Rumah merupakan tempat kita akan kembali setelah lelah seharian beraktifitas, tempat dimana kita dapat lebih leluasa, dapat berkumpul bersama keluarga tercinta. Dan tentunya kita semua menginginkan rumah yang memberikan rasa aman, nyaman, dan betah berlama- lama menghabiskan waktu disana.

Selain fungsi yang telah disebutkan tadi, Direktur Utama (Dirut) Galuh Citarum, Amin Supriyadi mengungkapkan, rumah juga memilki pernanan yang tidak kalah penting yakni sebagai aset berharga yang kita milki. “Rumah memilki banyak fungsi, selain fungsi- fungsi utama sebagai tempat bernaung, menghabiskan waktu dengan keluarga, memberi rasa nyaman, dan lain sebagainya, rumah juga merupakan aset atau benda berharga bagi kita karena semua tentu mendambakan hunian ideal bukan untuk waktu sementara saja kan?,” ungkap Amin Supriyadi.

Amin Supriyadi PT Galuh Citarum Tawarkan Pendanaan

Bisnis UMKM merupakan salah satu sektor penyangga utama pemerintah dalam menekan angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan. UMKM juga dapat mnambah jumlah lapangan kerja serta menyerap banyak tenaga kerja. Namun sayangnya, dukungan pembiayaan dan investasi terhadap UMKM (Usaha Kecil Mikro Kecil Menengah)  masih kurang memadai.

Direktur Utama perushaan properti PT Galih Citarum, Amin Supriyadi mengatakan pemulihan ekonomi Indonesia akan lebih tercapapai bila peran UMKM dalat lebih ditingkatkan, dan masalah- masalah penghambat seperti permodalan dan perkreditan dapat dicarikan solusi yang tepat dan akurat. “Masalah perkreditan, dan permodalan bagi bisnis UMKM masih menjadi kendala utama. Karena UMKM sangat terbatas kemampuannya untuk mengakses lembaga- lembaga perkreditan atau perbankan yang akan memberi pendanaan,” terang Amin di Jakarta, Jumat, (12/02)

Thursday, February 11, 2016

Kenapa Harus Memilih Apartemen Uttara di Jogja

Kepadatan tempat tinggal dan kurangnya lahan di Jogjakarta membuat harga tanah semakin melunjak tinggi. Untuk membeli tanah setidaknya Anda membutuhkan sekitar 400 juta rupiah belum termasuk membuat rumah dan membayar beberapa ijin yang ada. Harga rumah 700 juta biasanya merupakan harga standar untuk membuat rumah dengan hanya tersedia 2 kamar saja dan ruang tamu yang sangat kecil. Hal tersebut belum termasuk pemasangan AC, listrik, air, dan juga fasilitas tambahan seperti internet.

Apartemen Uttara hadir di tengah permasalahan hidup rumah tangga dan masa depan. Selain dibanderol dengan harga yang murah, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari apartemen tersebut. Selain itu, apartemen yang satu ini memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan apartemen yang lain. Agar tidak semakin penasaran, berikut akan disajikan beberapa keunggulan yang dapat Anda nikmati bila menghuni kawasan Apartemen Uttara The Icon di Jogja.

Tempat Strategis
Terletak di daerah Kaliurang, Jogjakarta, membuat apartemen ini menjadi pilihan yang strategis bagi Anda. Pertama, tidak perlu kerepotan untu mengunjungi berbagai tempat wisata, jika sedang dalam keadaan penat. Anda juga bisa sejenak bersantai dengan menikmati udara yang sejuk di daerah Apartemen. Kedua, kawasan ini juga tidak jauh untuk berbelanja, baik kebutuhan sehari-hari di pasar maupun keperluan pribadi.

Desain Dan Kualitas Bangunan
Meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, apartemen ini menyuguhkan kualitas bangunan dan desain yang sangat futuristik. Tidak hanya enak dipandang, tetapi desain bangunan juga tetap konsisten dari interior maupun di luar tetap memberikan kesan yang elegan. Anda tidak perlu malu karena ada cat yang mengelupas atau kotor. Pihak Uttara bisa membantu Anda untuk mengatasi kerusakan tersebut.

Pelayanan Terbaik
Selain keunggulan kualitas, Anda juga bisa menikmati pelayanan yang terbaik diberikan oleh pihak pengelola. Tidak heran bila Anda jarang menemukan petugas yang memasang muka suram ketika diminta tolong untuk melakukan sesuatu, sebatas itu memang berhubungan dengan pelayanan apartemen.

Fasilitas Yang Memanjakan
Bayangkan berapa harga yang akan Anda keluarkan bila memasang spring bed, AC, TV kabel, Internet, bahkan kolam renang secara bersamaan. Mungkin harga yang ada akan bernilai lebih dari 1 Miliar supiah. Namun, dengan fasilitas yang sama Anda bisa membayarkan harga yang lebih murah. Bahkan hal tersebut dapat dilaukan dengan mencicil setiap bulannya sembari Anda menikmati beragam fasilitas.

Jauh Dari Kebisingan
Bagi Anda yang tidak suka kebisingan di akibat jalan raya, maupun ulah banyak orang, maka Apartemen Uttara bisa menjadi jawaban yang memuaskan. Anda dijamin akan jauh dari kebisingan yang mengganggu beristirahat dari pekerjaan yang super sibuk.

Pemandangan Apartemen Jadi Pertimbangan Pajak

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat tentang kebutuhan hunian membuat masyarakat beralih dari  hunian horisontal menjadi hunian vertikal karena harganya yang lebih terjangkau. Hal inilah yang membuat beberapa orang berbondong-bondong membangun apartemen karena dirasa memiliki potensi bisnis yang besar. Selain itu, keuntungan yang didapatkan dari bisnis apartemen sangatlah menjanjikan dengan resiko kerugian yang kecil.

Semakin banyaknya apartemen yang menjulang tinggi di daerah perkotaan membuat Kementerian Agraria dan Tata Ruang tengah menyatakan suatu kebijakan pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara vertikal untuk penghuni rumah susun atau apartemen. Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan menyatakan, bahwa saat ini Ia masih terus mengkaji mengenai kemungkinan dalam menerapkan aturan ini.

Pada PBB vertikal, pihaknya sedang menjajaki hak pakainya. Sedangkan jika pengembang yang menguasai lahan, maka pengembang yang akan dikenai PBB. Namun, jika telah dilepas pada penghuni, tentu aturannya akan berbeda pula. Ia juga menyatakan, berbeda lagi pada PBB lahan horisontal, PBB vertikal ini akan memasukkan aspek ketinggian dan pemandangan ke dalam indikator besarnya pengenaan pajak.

Ia juga menuturkan mengenai aspek pemandangan, jika view lebih tinggi tentu akan lebih mahal, karena untuk menjangkaunya lebih susah dan harus naik lift yang lebih tinggi. Pada contohnya pada unit apartemen di lantai satu akan berbeda tarif pajaknya dibandingkan unit di atas lantai 5. Namun, tidak hanya itu, Kementerian ATR/BPN juga mulai memberlakukan pajak pemandangan ini berdasarkan wilayah. Contohnya pada wilayah Jawa Barat.

Aspek pemandangan akan dikenakan, misalnya pada tempat tinggal di pantai akan berbeda pemandangannya dengan hunian yang jauh dari pantai. Pada beberapa masyarakat kota kini mulai mempertimbangkan kebutuhan pemandangan untuk tempat tinggalnya, karena dirasa pemandangan yang indah kini adalah hal yang sulit didapat. Tidak heran jika beberapa masyarakat kalangan atas rela membeli rumah yang kaya akan pemandangan indah walaupun memiliki harga yang sangat tinggi. Namun, ada pula beberapa kalangan masyarakat yang rela membeli apartemen untuk dapat melihat pemandangan dari ketinggian di kota.

Ferry juga menambahkan aspek pemandangan ini akan dimasukkan ke dalam komponen pertimbangan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Kebijakan ini diberlakukan mulai tahun 2016. Namun, pengenaan pajak ini tidak akan diterapkan di semua daerah. Ferry menuturkan bahwa hanya daerah tertentu yang memiliki pemandangan yang bagus saja yang akan dikenakan tarif pajak tersebut.
Apabila rencananya telah berjalan dan menunjukan bahwa kebijakan tersebut memiliki dampak yang positif bagi penerimaan negara dan tidak memberatkan masyarakat, Ia berharap pajak bumi dan bangunan vertikal ini dapat terus diterapkan. Ia juga berharap kebijakanya ini dapat menjadi komponen penentu NJOP atau nilai jual objek pajak.


Apartemen


Wednesday, February 10, 2016

Pertimbangan Investasi Apartemen Dengan Deposito

Kebanyakan orang masih menempatkan dana mereka pada tabungan dan deposito untuk investasi. Padahal, kedua produk perbankan tersebut tidak dibuat untuk melakukan investasi jangka panjang. Nilai dari kedua produk itu pun mudah tergerus oleh pajak dan inflasi.  Sedangkan untuk investasi jangka panjang, pilihan yang tersedia antara lain forex, reksadana, properti, saham. Tetapi, jenis-jenis investasi tersebut juga memiliki risiko dan membuat orang cenderung lebih berhati-hati dalam menempatkan dananya di sini. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan investasi yang aman dan memberi keuntungan. Perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

Memilih Insrumen Investasi
Setiap Investasi jangka panjang akan menjanjikan keuntungan yang sama besarnya dengan resiko yang ada. Tetapi, pada saat ini properti masih menjadi pilihan jangka panjang yang bagi banyak orang memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan investasi lainnya.

Berdasarkan riset Colliers International Indoensia untuk kuartal II-2015, potensi keuntungan dari properti khususnya apartemen yang dijual kembali sebelum gedung terbangun mencapai 30 persen hingga 50 persen. Ada pula apartemen yang dijual kembali dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun setelah terbangun yag dapat mencapai angka 50 persen hingga 80 persen. Bagi pemilik apartemen, keuntungan investasi properti tentu tidak hanya berasal dari penjualan tetapi juga jasa sewa.  Beberapa pemanfaatkan keuntungan ini tentu tidak bisa didapatkan dari jenis investasi lainnya.

Antara Deposito dan Properti
Corporate Secretary PT Integrated Marketing Services (IMS) Group, Muljadi Suhardi mencoba memberikan contoh gambaran perbandingan kedua investasi dengan nilai masing-masing Rp 400 juta. Jika melakukan deposito Rp 400 juta dan ditambah bunga setiap tahun 8 persen atau Rp 32 juta, total yang didapat dalam setahun adalah Rp 432 juta. Dalam 15 tahun, makan akan mendapat kisaran Rp.480 juta deposito dan ini tidak dihitung biaya pajak dan admin. Selin itu, suku bunga deposito juga belum tentu akan stabil.

Sedangkan jika diinvestasikan dalam apatemen, setiap tahum telah ada kenaikan 20 persen untuk harga bahan bangunan dna tanah. Berdasarkan nilai sewa maka pemilik apartemen bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Nilai sewa pun dapat meningkat hingga Rp 5 juta per tahun. Misalkan nilai sewa 40 persen dari nilai beli, maka total pendapatan dari menyewakan apartemen selama 15 tahun mencapai Rp 1,125 miliar. Tentu hal yang lebih menggiurkan bukan?

Thinkstock
Dalam serah terima apartemen rata-rata membutuhkan waktu 24 bulan. Artinya adalah apartemen tidak dapat disewakan pada saat masa pembangunan. Oleh  karena itu, perhitungan potensi pendapatan dari sewa dikurangi sekitar 85 juta. Selain itu pula juga terdapat biaya interior dan dekorasi yang diperkirakan sekitar 50 juta. Selain itu, dalam melakukan investasi apartemen juga memiliki resiko kerugian yang lebih sedikit sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba investasi ini.


Gedung Jakarta


Monday, February 8, 2016

Hati-Hati Dengan Pengembang Apartemen Yang Nakal

Di era modern saat ini, Anda harus lebih selektif dalam memilih apartemen. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pengembang apartemen tersebut. Tidak sedikit pengembang melakukan kecurangan dan bersikap nakal yang dapat merugikan Anda sebagai konsumen. Bekali diri Anda dengan berbagai daftar apartemen berkualitas, terekomendasi, dan pengembang professional. Banyaknya pengembang yang membawa kabur uang muka apartemen harus Anda cermati keberadaannya agar hal ini tidak sampai terjadi pula. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri pengembang yang nakal, yaitu:

1. Pengembang tidak transparan
Beberapa pengembang apartemen biasanya tidak transparan atau terbuka dengan Anda selaku konsumen mengenai apartemen yang akan ditinggali. Pihak pengembang dengan mudahnya akan memberikan janji-janji yang terkesan muluk untuk terlaksana tanpa adanya penjelasan yang rasional. Dengan mengetahui kebiasaan pengembang nakal ini, Anda dapat lebih berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan janji manis yang ditawarkan pengembang. Berlakulah aktif dalam mendapatkan informasi mengenai apartemen tersebut mulai dari jangka waktu pembangunan, spesifikasi bangunan, pembayaran, dan lain sebagainya.

2. Track Record yang Buruk
Mendapatkan informasi mengenai track record pengembang bukan hal yang sulit. Cukup dengan menanyakannya di forum khusus mengenai pengembang apartemen, Anda akan mendapatkan berbagai tanggapan. Dengan pendapat dari berbagai pihak ini, Anda dapat menilai keprofesionalitasan dari pengembang yang akan bekerja sama. Dapat pula dengan mengecek proyek yang pernah dikerjakan oleh pengembang tersebut.

3. Dari Pihak Pengembang Tidak Memberikan Perjanjian Pengikatan Jual Beli
Anda perlu waspada bila pengembang tidak memberikan PPJB yang seharusnya menjadi milik pribadi setelah memberikan uang muka apartemen. Segeralah tanggap bila pemberian dokumen PPJB memiliki jangka waktu yang lama dari pembayaran uang muka tersebut. Bisa jadi, dalam dokumen PPJB tersebut terdapat pasal yang merugikan dan memberatkan Anda sebagai pembeli.

4. Tidak Memiliki Tim Khusus
Waspadalah bila Anda mengetahui bahwa pengembang tidak memiliki tim khusus dalam proyek apartemennya. Sebagai contoh, seorang pengembang professional akan memiliki tim khusus untuk memberikan pelayanan dan informasi kepada Anda calon pembeli. Tim yang dibentuk pengembang ini akan memberikan berbagai informasi mulai dari proses pembelian, proses pengajuan kredit, hingga sebagai call center bila terdapat keluhan calon pembeli.

5. Tidak Sesuai dengan Perjanjian yang telah dibuat
Terakhir, ciri pengembang nakal adalah tidak melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan proyek sesuai isi perjanjian. Lakukan pemantauan secara berkala terhadap apartemen Anda agar ketika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan perjanjian Anda dapat segera bertanya kepada pihak pengembang.

Dengan beberapa cirri pengembang nakal tersebut, semoga Anda bisa lebih selektif dalam memilih pengembang sehingga terhindar dari penipuan yang merugikan.


Apartemen


Aturan Kepemilikan Apartemen Asing Terlalu Banyak Syarat

Indonesia yang memiliki aturan ketat untuk kepemilikan apartemen bagi orang asing membuat daya tarik investasi tidak begitu diminati. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 103 Tahun 2015 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia, membuat banyak investor asing berpikir dua kali untuk menginvestasikan dananya di Indonesia.

Peraturan yang dibuat pemerintah Indonesia ini memang sudah sejak lama ada, namun seiring perkembangan apartemen yang terus meningkat peraturan ini juga semakin di godok dan diformalkan. Banyaknya syarat yang diminta dari pemerintah Indonesia untuk investor asing dapat berinvestasi di Indonesia ternyata membuat daya tarik masih sangat rendah.

Menurut Juliys Warouw, Managing Director Synthesis Square, untuk menarik minat orang asing berinvestasi harus diperbolehkan dalam kepemilikan apartemen karena status tanahnya merupakan kepemilikan bersama. Apabila mennyetujui pendapat ini maka perlu diadakan revisi undang-undang Pokok Agraria tahun 1960 serta Undang-Undang Dasar 1945. Hal ini tentu sulit untuk dilakukan dan sangat ekstrim bila memang terjadi, namun hal ini merupakan salah satu jalan keluar untuk menarik orang asing berinvestasi properti di Tanah Air.

Julius memberikan gambaran berupa, pertama-tama orang asing diperbolehkan untuk membeli apartemen lalu membelinya dengan harga yang telah ditentukan dan terakhir diharuskan untuk membeli yang primer agar masyarakat Indonesia tetap memiliki tanah dan rumah. BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal melansir sebuah data mengenai investasi asing pada industry property, industri perumahan, bahkan industri penyedia gedung perkantoran selama kurun waktu 1 tahun, untuk tahun 2015 lalu yang mencapau angka lebih dari 950 juta dollar Amerika Serikat.

Mengenai hak lebih yang dimiliki oleh orang asing, terdapat peraturan pemerintah yang mulai diberlakukan di akhir Desember 2015, yang memberikan keuntungan pada pihak asing. Pihak asing akan mendapatkan hak lebih dengan adanya kepemilikan tanah maupun rumah di Indonesia. Melihat hal seperti itu, Peraturan Pemerintah yang baru ini dinilai kurang efektif karena memudahkan pihak asing untuk mempunyai lahan di Indonesia sedangkan banyak diantara masyarakat asli Indonesia sendiri belum mempunyai hunian yang layak ataupun tanah milik sendiri.

Peraturan Pemerintah ini juga dinilai sangat memanjakan orang asing, menurut Arie S Hutagalung. Pada PP ini dijelaskan bahwa dengan kunjungan sementara di Indonesia pihak asing dapat membeli ataupun memiliki lahan di Tanah Air. Secara tidak langsung pihak asing bisa mendapatkan keuntungan dengan kepemilikan apartemen di Indonesia. Ada baiknya Peraturan Pemerintah ini di analisa secara lebih mendalam agar tidak merugikan masyarakat maupun pemerintah Indonesia. Masih banyak warga negara yang harus mendapatkan tempat tinggal yang layak dengan harga terjangkau.


Apartemen


Warga Semarang Semakin Tertarik Beli Apartemen

Pertumbuhan apartemen di kota Semarang dalam beberapa tahun terakhir ini meningkat pesat. Berdasarkan data dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menunjukkan bahwa adanya pertumbuhan apartemen di kota Semarang meningkat karena didasarkan semakin banyaknya warga Semarang yang berminat membeli apartemen.

Ketua DPD REI Jawa Tengah, Prijianto mengatakan bahwa penjualan apartemen di Semarang ternyata selalu melebihi ekspetasi. Salah satu faktor pendukungnya adalah adanya migrasi dari berbagai orang dari luar Jawa Tengah yang memilih kota Semarang sebagai salah satu tempat tinggalnya. Hal ini membuktikan bahwa Semarang dianggap sebagai kota yang aman dan nyaman untuk ditinggali

Pernyataan Prijanto ini diamini oleh salah satu developer yang mengembangkan Paltrow City di kawasan Tembalang, Semarang, Suka Adhi Satya.  Ia mengembangkan salah satu hunian vertikal di daerah kampus Universitas Diponegoro. Adhi mengatakan bahwa Ia sangat terkejut karena penjualannya yang melebihi target. Ia juga mengaku bahwa banyak orang khususnya dari luar daerah yang memilih kota Semarang karena dianggap jauh lebih nyaman dan aman. Baik dari sisi lalu lintas, keamanan hingga lingkungan kota atlas ini.Paltrow City yang sedang dikembangkan oleh Adhi ternyata memang menjadi lirikan banyak orang karena lokasinya yang terjangkau dan masih bisa berkembang. Kebutuhan hunian para mahasiswa baru yang diperkirakan tumbuh 18 ribu setiap tahun, dianggap sebagai salah satu potensi investasi.

Adhi tak mengelak jika ada orang yang memiliki apartemen hanya untuk investasi atau rumah kedua. Beberapa orang ada yang menganggap apartemen sebagai investasi jangka panjang yang tepat, namun ada juga yang membeli lalu dijual kembali dalam waktu yang singkat. Pada saat ini di Semarang memang sedang dikembangkan pada hunian vertikal. Khususnya yang berada dalam perkotaan karena harga tanah yang semakin tinggi, dan sangat tidak memungkinkan menjual rumah tapak.

Para konsumen apartemen tentunya tidak hanya dari Semarang, namun juga dari kota-kota lain Magelang, Demak, Pati, Kudus,  dan Salatiga bahkan hingga warga Jakarta. Tingginya minat masyarakat ini merupakan salah satu indikator bahwa situasi ekonomi tidak terlalu buruk, apalagi apartemen menjadi salah satu jenis properti yang harganya tidak bisa dibilang murah.

Adhi juga mengatakan bahwa Ia mengusahakan bahwa apartemennya setiap unitnya lepas seharga rumah tapak, sehingga tidak terlalu tinggi untuk hunian sekelas apartemen. Jadi,bagi Anda yang ingin memiliki hunian yang strategis namun belum mampu membeli tanah di perkotaan yang harganya semakin naik, apartemen dapat menjadi solusinya. Selain lokasinya yang strategis, apartemen juga memiliki berbagai fasilitas yang tentunya dapat menghibur Anda. Harga dari apartemen juga lebih terjangkau, sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget yang terbatas.



Apartemen Semarang


Sunday, February 7, 2016

3 Ciri Developer Apartemen Terpercaya

Developer merupakan seorang pengembang property yang biasa merencanakan untuk melakukan pengembangan sebuah pembangunan kompleks baik perumahan, perkantoran, maupun hunian apartemen. Namun, perlu Anda ketahui bahwa nilai investasi apartemen kini memegan nilai paling tinggi di bandingkan jenis property lainnya. Terlebih investor saat ini sangat tertarik untuk merambah dunia properti berupa jual beli dan penyewaan apartemen. Untuk melakukan bisnisnya ini investor membutuhkan developer professional dan berpengalaman dalam pembangunan dan pemasaran apartemen tersebut. Developer akan membantu investor menjalankan bisnisnya dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Sebagai seorang investor, Anda harus berhati-hati dalam memilih developer properti untuk menjalankan proyek pembangunan apartemen. Bila salah orang, kemungkinan terburuk adalah uang Anda dibawa kabur dan proyek akan terhenti. Untuk memilih developer terpercaya, berikut adalah 3 ciri yang dapat Anda perhatikan.

Kredibilitas Developer
Developer biasanya memiliki sebuah tim untuk mengelola pemesanan apartemen. Hal ini diperlukan sebagai upaya untuk memperlancar jual beli apartemen dan pengembangan property tersebut. Developer akan mengurusi dan berhubungan langsung dengan Anda untuk mendiskusikan pembangunan apartemen. Developer juga memegang peran penting terutama pada hal hukum jual beli property, seperti perjanjian pengikat jual beli dan akta jual beli.

Dengan hal ini, kredibilitas developer sangat dibutuhkan. Kredibilitas akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan pembangunan apartemen Anda, terlebih bila mengikuti regulasi kredit property lama. Kemampuan untuk bernegosiasi dengan pihak Bank sangat dibutuhkan demi kelancaran pembangunan apartemen. Disinilah peran developer yang memiliki kredibilitas tinggi akan sangat berguna.

Bila Anda masih kurang yakin, ada baiknya memilih developer yang menjalin kerjasama dengan bank tertentu. Bank ini biasanya memiliki kredibilitas baik serta telah lolos evaluasi dan penilaian dari pikah Bank.

Legalitas Developer

Legalitas juga sangat penting dimiliki developer. Legalitas akan menjamin keamanan Anda dalam upaya kepemilikan apartemen yang sesuai dengan prosedur. Bersikap kritis perlu Anda lakukan untuk mendapatkan informasi secara lengkap, seperti menanyakan surat-surat hingga nomor induk tanahnya. Terlebih bila dokumen tersebut sedang berada di bank guna proses pembangunan, segera cek kebenarannya. Pelajari pula pasal-pasal yang dapat melindungi Anda dari proses pembangunan seperti pasal 1320 KUH Perdata dan KEPMENPERA no 11 tahun 1994.

Komitmen Developer

Terakhir, komitmen dari pihak pengembang perlu Anda prioritaskan dalam memilih developer. Utamakan developer dengan janji yang rasional dan tidak muluk-muluk. Pegang juga janji yang dibuat oleh pihak developer. Banyak diantara developer akan memberikan janji berupa pembangunan berbagai macam fasilitas penunjang seperti tempat olahraga, club house, pusat perbelanjaan, dan fasilitas rekreasi. Tagih bila developer tidak menepati janjinya, karena hal itu sudah menjadi hak Anda selaku investor atau pembeli.

Apartemen Yogyakarta

Tips Menyewa Apartemen di Jakarta

Jakarta merupakan salah satu kota dengan aktifitas terpadat di Indonesia. Melihat hal tersebut, terdapat dampak yang besar di industry property, yaitu maraknya penyewaan apartemen harian. Hal ini dilakukan developer demi memenuhi kebutuhan pihak pendatang ke Jakarta. Selain itu, banyak pihak yang lebih nyaman untuk menyewa apartemen daripada hotel karena kenyamanan seperti di rumah akan ditemukan serta harganya yang lebih terjangkau. Apartemen juga lebih memberikan privasi kepada Anda karena penyewa lainnya biasanya memiliki tujuan yang sama dengan Anda yaitu perjalanan bisnis atau berlibur.

Melihat banyaknya tawaran penyewaan apartemen, Anda harus lebih selektif memilih. Apartemen yang didirikan sebagai solusi untuk pengoptimalan lahan untuk ruang apartemen dan memaksimalkan keuntungan di pihak pengembang apartemen. Hal ini juga didukung minat yang tinggi dari konsumen sehingga hunian berupa apartemen memiliki penjualan yang dapat dikatakan laris manis. Bagi pengembang, memilih jalan untuk menyewakan apartemen adalah cara ketika apartemen tersebut belum laku dijual. Ada juga yang menyewakan apartemen karena tidak menempatinya sendiri.

Dengan banyaknya penawaran sewa apartemen di Jakarta memang memberikan keuntungan serta kerugian bagi Anda seorang konsumen. Anda mendapatkan banyak pilihan apartemen dan kerugian yaitu bingung menentukan apartemen dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.
Sebelum menentukannya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika diposisikan dalam banyak sekali penawaran. Pilihlah apartemen sesua dengan yang Anda inginkan dan butuhkan. Jangan lupa untuk memperhatikan akomodasi menuju apartemen dan tempat tujuan Anda, kenyamanan, keamanan, dan tentunya harga sewa. Pertimbangan dasar tersebut akan membantu Anda mendapatkan apartemen sesuai keinginan. Pertimbangan yang baik dan rasional akan membantu Anda mendapakan apartemen harian, mingguan, atau bulanan yang menyenangkan.

Lokasi apartemen ternyata juga penting untuk menunjang aktivitas harian Anda. Maka memilih lokasi yang strategis adalah solusi yang sangat tepat untuk menjalankan aktivitas ketika berada di Jakarta. Anda harus mencermati jalur angkutan umum yang ada di sekitar apartemen. Upayakan lokasi apartemen mudah diakses menggunakan berbagai model transportasi.

Terakhir, harga sewa apartemen harian adalah hal yang harus Anda cermati. Sebelum merespon penawaran sewa apartemen harian di Jakarta pastikan Anda telah mengetahui beberapa daftar harga persewaan lain. Sebaiknya lakukan perbandingan antara satu tempat dan tempat lain, beserta fasilitas yang dimilikinya. Lakukan survey terhadap apartemen agar mengetahui kondisi dan harga yang ditawarkan apakah telah sesuai. Mengetahui keduanya merupakan langkah bijaksana yang dapat Anda ambil sebelum memutuskan menempati apartemen tersebut. Namun bila kondisi tidak memungkinkan untuk survey, Anda dapat menanyakan detail fasilitas dan kondisi apartemen. Pastikan juga perabotan apasaja yang dimiliki dan jumlah ruangan pada apartemen sewa tersebut.



Apartemen


Terjadi Ledakan Properti Termasuk Apartemen

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan hunian, namun harga tanah semakin naik sehingga ada tahun 2018 diperkirakan terjadi ledakan properti termasuk apartemen. Pada saat itu, kebutuhan komersial dan hunian akan meningkat seiring bertambahnya jumlah pasokan. Harga sewa dan jual pun semakin menarik untuk melakukan investasi sehingga terdorong ke arah pertumbuhan yang lebih positif.

Mulai diberlakukannya integrasi  membuat Bank Indonesia (BI) menurunkan tingkat suku bunganya menjadi yang lebih kompetitif. Selain itu, tingkat inflasi yang ditargetkan mulai mencapai level 3,4 persen atau terendah sepanjang 10 tahun, hal ini akan membuat sektor properti bergairah kembali. Dengan begini, suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) pun akan menjadi rendah dan mengikuti penurunan tingkat inflasi serta BI Rate.

Itulah perkiraan dan prediksi Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanungkalit, setelah proses peletakan batu pertama Wismaya Residence di Bekasi. Oleh karena itu Ia menganjurkan konsumen baik dengan motif investasi maupun pengguna akhir untuk memberli properti pada tahun ini. Karena hal ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli properti. Ia juga beralasan karena pada kuartal pertama 2016 merupakan momentum buyer's market atau banyak orang yang membutuhkan uang.

Fenomena tersebut disebabkan oleh karne uang yang beredar di masyarakat sedikit. Semakin meningginya tingkat inflasi dan suku bunga juga mendorong konsumen dan investor untuk menunda pembelian. Hal ini berakibat pada penjualan properti mengalami penurunan tajam hingga 30 persen. Sehingga tidak heran bila harga properti yang ditawarkan cukup kompetitif, karena terkoreksi sangat jelas.

Panangian menyatakan tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk membeli properti, hal ini akan berlangsung sampai bulan Maret tahun ini. Setelah itu, harga akan menanjak naik yang didorong membaiknya kondisi ekonomi.

Panangian juga menuturkan jangan lupa juga bonus demografi dengan kelas menengah sebagai penggeraknya. Mereka yang akan membeli properti karena memang membutuhkannya.

Properti Bidikan
Selain disebabkan oleh menurunnya inflasi dan stabilitas suku bunga, hal lain yang mendorong sektor properti menjadi semakin prospektif adalah pengembangan infrastruktur yang dipercepat, sehingga uang beredar di masyarakat semakin meningkat. Ia memperkirakan properti yang akan menjadi incaran kalangan kelas menengah ini adalah rumah dengan harga Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar dan apartemen dengan harga berkisar Rp 12 juta hingga Rp 20 juta per meter persegi.

Semakin tinggi permintaannya, hal ini memungkinan pertumbuhan hunian kelas menengah ini akan mencapai 10 persen tahun ini. Sedangkan untuk rumah kelas atas dan apartemen dengan harga lebih Rp 20 juta setiap meter persegi sehingga masih harus menunggu perubahan perilaku investor.


Apartemen


Artikel menarik lainnya:
- 3 Ciri Developer Apartemen Terpercaya
- Tips Menyewa Apartemen di Jakarta

Bersama Masyarakat Sayangi Bumi

Apartemen kini menjadi hunian yang banyak digemari oleh masyarakat, hunian yang terkesan elegan tapi sesuai dengan kebutuhan. Apartemen merupakan sebuah gedung dengan bangunan vertikal, bangunan ini terdiri dari banyak rumah didalam nya yang dihuni oleh banyak kepala keluarga. Apartemen mirip dengan rumah pada umumnya tetapi lebih terkesan elegan dengan bentuk menyerupai hotel, apartemen bisa disewa maupun dijual jika dijual akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS). SHMSRS ini sebagai buktik nyata kepemilikan seseorang atas sebuah apartemen, hunian yang simple dengan beberapa kamar yang disesuaikan kebutuhan penghuninya.

Jogja kini banyak memiliki apartemen salah satunya yaitu Apartemen Uttara The Icon, apartemen yang mengususng tema modern dan berkelas ini terletak di Jogja bagian Utara. Apartemen Uttara The Icon mengusung komitmen yang unik yaitu 1 apartemen setara dengan 100 batang pohon, sehingga Apartemen Uttara The Icon saat ini selalu melaksanakan komitmennya dengan selalu melakukan penanaman. Penanaman yang pernah dilakukan Management Apartemen Uttara The Icon ini salah satunya penanaman di pinggir Kali Gajah Wong , tak hanya itu pihak Apartemen Uttara The Icon juga melakukan serangkaian kegiatan sosial lain.

Kagiatan Sosial lain yang dilakukan Management Apartemen Uttara The Icon yaitu Memberikan bantuan dalam bentuk Beasiswa kepada siswa/siswi yang berprestasi, Memberikan bantuan dalam bentuk Dana untuk kegiatan Posyandu Paud Lansia, Mengadakan kegiatan syawalan dan peresmian Gedung Balai RW1, Memberikan sumbangan kepada warga berupa pembangunan Balai RW 1, Sumbangan renovasi Balai RW 2 ,RW 3 di Padukuhan karangwuni termasuk renovasi Gapura RW1. Kegiatan sosial kemasyarakatan ini menjadi salah satu bagian utama dari kegiatan Apartemen Uttara The Icon sebagai wujud bersama masyarakat membangun negri ini.

Selain kegiatasn Sosial Apartemen Uttara The Icon juga memiliki keunggulan yang istimewa dibandingkan beberapa Apartemen di Jogja. Keunggulan Apartemen Uttara The Icon antara lain : Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS), Investasi paling menguntungkan (Capital Gain sangat kuat), Terletak di tepi jalan Protokol besar akses utama Jl. Kaliurang kota Yogyakarta.




Apartemen Uttara